Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga

Authors

  • Ricky Ferrari Valentino STKIP Pasundan
  • Andy Ardian STKIP Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.71

Abstract

Educational goals can not be separated from academic goals. However, in special sports class students academic achievement actually becomes marginalized compared to non-academic achievements. This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and student achievement in special sports classes at SMAN 1 Ciparay. This study is a correlation description study using two types of variables consisting of one independent variable, emotional intelligence and one dependent variable, namely learning achievement. This study uses total sampling, so with this study took a sample of one class of special sports class students in SMA Negeri 1 Ciparay, namely class XI - 11 with a total of 40 students. The instruments used were Questionnaire and student report cards. The method used to analyze the data is the significance test (significance) of the correlation coefficient. The results of the analysis of the research data showed a correlation coefficient of (0.369) then Ha was accepted and Ho was rejected. The conclusion of this study is that there is a relationship between emotional intelligence and learning achievement in special sports class students at SMAN 1 Ciparay.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Revisi VI.PT RINEKA CIPTA.

Arikunto,S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Revisi VI.PT RINEKA CIPTA.

Chubba,D. (2007). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Wachid Hasyim Surabaya. S.Psipada FP UIN Malang: tidak diterbitkan

Damanik, R.P. (2016). “Hubunganantara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga”.(1), 33.

Dartija, D. (2014). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negri 1 Sawang Kabupaten Aceh Selatan”.I,(1),26-39

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Nomor 34 tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan atau Bakat Istimewa. Jakarta : Depdiknas

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Dirjen Mendikdasmen. (2010). Panduan Pelaksanaan Program Kelas Olahraga. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

DjokoPekik. (2002). Dasar Kepelatihan.Yogyakarta : FIK UNY

Firmansyah, I. (2010). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Triguna Utama Ciputat. S.Psi pada FP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : tidak diterbitkan

Goleman Daniel. (2009). Emitional Intelligence (terjemahan).Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Indrawan, R danYaniawati, P (2014). Metodologi Penelitian. Bandung. PT. Refika Aditama.

Jayawardana. (2010). Olahrraga Lempar Cakram. Bekasi : Adhi Aksara Abadi Aditama.

Morissan, M.A. (2012). Motode Penelitian Survei. Jakarta. Prenada Media Group.

Nurhasan. (2015). Sistem Pembelajaran Modul Mata Kuliah Statistika (Inferensial) dan Penerapannya dalam Pendidikan Jasmani.

Nurhasan. (2011). Dasar-Dasar Statistika Pendidikan Jasmani dan Penerapannya

Purnamasari, A.D. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar Keterampilan Dasar Sepak Bola Sisiwa. S1 pada FKIP UL Bandar Lampung; tidak diterbitkan

Siregar.S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Slamento. (2003). “Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rieneka Cipta.

Sugiyono.(2007). Statiska untuk penelitian. Bandung : ALFABETA.cv

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. ALFABETA,cv.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (mixed methods). Bandung. ALFABETA,cv.

Salmawati, F. (2014). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MA Al-Muhajirin Tugumulyo”.

Sangadah, N. (2008). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Reaksi Frustasi pada Santri Pondok Pesantren Al-Huda Kebumen. Skripsi pada FD UIN Yogyakarta: tidak diterbitkan

T. Bakti Anggoro. (2009). Perbedaan Prestasi Belajar Siswa antara Kelas Umum dan Kelas Olahraga Berdasarkan Tingkat Pendidikan Orang Tua pada Kelas VII SMP N 13 Yogyakarta. Skripsi pada FIK UNY Yogyakarta: tidak diterbitkan

Tridhonanto, Al dan Beranda Agency. 2010. Meraih Sukses Dengan Kecerdasan Emosional. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Undang – undang Sistem Keolahragaan Nasional, (2008). UU RI No. 3 Th 2005. jakarta Sinar Grafika. http;//www.google.com.

Published

2017-04-30

How to Cite

Valentino, R. F., & Ardian, A. (2017). Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga. Jurnal Olahraga, 3(1), 41-50. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.71