Penerapan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Sepakbola dan Kerjasama Siswa di SMPN 2 Lembang

Authors

  • Lulu Luvian Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tite Juliantine Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.69

Abstract

The purpose of this research is to find out how the influence of the implementation of cooperative learning models to improve football playing skills and student cooperation at SMPN 2 Lembang. This study uses a classroom action research (CAR) method and uses a classroom action research design (CAR). The sample used in this study was 10% of the population representing 36 students. In the initial test of playing skills and cooperation, students get an average score of 24% for playing skills and 22% for collaboration. In cycle I, action I increased to 30% for play skills and 32% for cooperation, in cycle I, action II increased to 50% for play skills and 50% for cooperation, in cycle II, action I increased scores to 65% skills play and 66% for cooperation, in the second cycle of action II there was an increase of 82% for playing skills and 82% for cooperation so that it was seen an increase in each cycle in this study. Then it can be concluded that there is significant progress in the application of cooperative learning models to improve soccer playing skills and student cooperation at SMPN 2 Lembang.

References

Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, supardi, (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akasara (2010) prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, A.

Arends. 1997. Classroom Instruction And Management. New York : Macgraw-Hill Companies. Inc.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok .Bandung : Alfabeta

Juliantine, Tite Dkk (2013) : Model-Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani / Bintang Warliartika

Jack R.Fraenkel. How to Teach abbaut Values An Analytic Aproach. USA: Pentice Hall, h. 7

Lie,Anita. 2007. Mempraktikkan Cooperative Learningdi Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Mahendra (2009)asas falsafah pendidikan jasmani. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Metzler, M. W. (2000) instructional Models for Phisycal Education. Georgia state University

Richard I.. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sucipto dkk. (1999) pembelajaran sepakbola (konsep, strategi, dan implementasinnya).

Slavin. R.E. 1995. Cooperative Learning : Theory, Research, And Practice.Boston : Allyn And Bacon

Suyanti, Retno Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono (2009) Dalam Seputarpengetahuan.Com (2011) Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&B) Bandung: Alfabet

JURNAL

Desti Siti Khoiriah, 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (Tgt) Terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Kerjasama Dalam Pembelajaran Permainan Hoki

Dina Anika Marhayani, 2012 Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Smp N 4 Sleman Kabupaten Sleman.

Enis Nurnawati, Dwi Yulianti, Hadi Susanto ,2012, Peningkatan Kerjasama Siswa Smp Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share

Fajar fauzi, 2013 Tingkat Keterampilan Bermain Sepak bola Siswa Ssb Bina Nusantara Kabupaten Klaten

Imran, 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerakdas Lari Jarak Pendek Melalui Media Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SDN 09 Teluk Keraat Kabupaten Sambas Tahun Ajaran 2013/2014

Novia Hoerunisa, ( 2013 ) Pengaruh Pendekatan Taktis Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Tangan Dan Implikasinya Terhadap Nilai-Nilai Kerjasama

Nurhadi Santoso, 2014. Tingkat Keterampilan Passing-Stoping Dalam permainan Sepak bola Pada Mahasiswa Pjkr Angkatan 2013

Risma, 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Jenis Kelamin Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Indonesia | Repository.Upi.Edu | Perpustakaan.Upi.Edu

Thema Harlitana, 2014. Penggunaan Peer Assessment Untuk Mengukur Kemampuan Kerjasama Siswa Sma Dalam Kegiatan Praktikum Fisika Konsep Elastisitas Universitas PendidikanIndonesia |repository.upi.edu |perpustakaan.upi.edu

Yusuf Supriatna, 2014 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Game Tournament) Terhadap Keterampilan Bekerjasama Dalam Permainan Sepakbola Di Smpn 40 bandung Kelas Viii Universitas Pendidikan Indonesia |Repository.Upi.Edu |Perpustakaan.Upi.Edu.

Published

2017-04-30

How to Cite

Luvian, L., & Juliantine, T. (2017). Penerapan Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Sepakbola dan Kerjasama Siswa di SMPN 2 Lembang. Jurnal Olahraga, 3(1), 23-31. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.69